KataMini

KataMini

Senin, 15 November 2010

Sebuah Pengantar


     KataMini edisi kedua memuat makalah-makalah yang akan didiskusikan dalam acara diskusi buku MarkasSastra pada tanggal 5 Oktober 2010 di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Dalam edisi kali ini, akan ada tiga pemakalah yang mengulas novel terbaru Ayu Utami, Manjali dan Cakrabirawa.
     Syahdan, novel Manjali dan Cakrabirawa ternyata novel ringan. Sebenarnya dalam hati saya kehilangan sosok Ayu Utami. Rasanya, dalam novel keempatnya itu ia jadi seperti Jacques Cherer yang mengisap rokok klobot—Ayu jadi pelit kata-kata berat nan filosofis, tidak seperti biasa. Tapi biarlah, karena bagaimana juga saya terlena untuk juga dibasuh Marja dengan tubuhnya. Ini berarti, Ayu Utami tak mencopot semangat seksualitasnya dalam menulis.
     Inilah kami, komunitas Markas Sastra. Alangkah keringnya kami, jika tak satu kali pun mengadakan bedah buku sastra secara serius. Jadi, pertemuan kebetulan antara saya dan Ayu berbulan yang lalu, adalah akar dari bedah buku sekarang ini. Untunglah, jika kalian mau datang dan membaca semua ini. Saya pikir, kita manusia adalah manusia yang sakit, jika tak tertarik kepada bacaan. Ajaklah makalah ini berkelahi kalau memang isinya tolol, ajaklah makalah ini untuk birahi kalau gagasannya sedap. Ya, birahi, seperti Marja kepada Parang Jati, atau barangkali, seperti Marja kepada diriku.


Meidy Benjamin Kautsar

Daftar Isi



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar